Di dunia pendidikan, kemampuan untuk memecahkan masalah matematika adalah keterampilan penting yang membantu siswa memahami konsep-konsep dasar dan aplikasi praktis dari matematika. Salah satu pertanyaan menarik yang diajukan oleh seorang siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) kepada SMKAI melibatkan penyelesaian persamaan aljabar sederhana, yang merupakan bagian dari kurikulum matematika dasar. Pertanyaan tersebut berbunyi:
(… x 5) x (1 x 2) = 20 Berapakah Angka di Titik-Titik tersebut?
Siswa tersebut ingin mengetahui nilai yang tepat yang harus ditempatkan di titik-titik agar persamaan tersebut menjadi benar. Pertanyaan ini tidak hanya menantang kemampuan aritmetika dasar, tetapi juga menguji pemahaman siswa tentang operasi matematika dan penyelesaian persamaan.
Cara Menjawab :
Diketahui: (… x 5) x (1 x 2) = 20
Ditanya: Berapakah angka di titik-titik tersebut?
Jawab:
Maka, angka di titik-titik tersebut adalah 2.
Penjelasan:
Pada soal ini kita akan menggunakan operasi aljabar. Karena nilai titik titik tidak diketahui, maka kita akan mengganti dengan variabel (y).
- Pertama selesaikan operasi dalam kurung terlebih dahulu : 1 × 2 = 2
- Sehingga persamaannya menjadi: (y × 5) × 2 = 20
- Bagi kedua sisi persamaan dengan 2 untuk menyederhanakan:
- Temukan nilai y dengan membagi kedua sisi persamaan dengan 5:
- Jadi nilai y adalah 2.
Jadi, angka di titik titik pada (… x 5) x (1 x 2) = 20 adalah 2.